Senin, 15 Oktober 2012

resume materi pertemuan 5 dan 6


pertemuan 5

  •  MRP II
-        Menemukan pengembangan dari MRP di aplikasikan untuk seluruh area.
JIT (Jurt In Time)
-        Pendekatan yang menjaga arus bahan baku melalui pabrik agar selalu dalam keadaan minimum (tepat waktu)
 MODEL SIM
-        Subsistem input
o   Informasi akutansi
o   Subsistem rekayasa industry
o   Subsistem Inteligen manufaktur
-        Subsistem Output
o   Subsistem produksi
o   Subsistem persediaan
o   Subsistem kualitas
o   Subsistem biaya
 Sistem Informasi Pemasaran
-        Kegiatan perorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan.
 Marketing Mix
-        Product
-        Promotion
-        Place
-        Price
 MODEL SIP
-        Subsistem input
o   Berasal dari SIA yg melakukan pengumpulan data untuk menjelaskan transaksi pemasaran
-        Subsistem output
o   Subsistem produk
o   Subsistem tempat
o   Subsistem promosi
o   Subsistem harga
o   Subsitem bauran (MIX)
 Subsistem penelitian pemasaran
-        Data primer
o   data yang berasal dari perusahaan
§  survey
§  observasi
§  interview
§  pengujin dan kembali
-        Data sekunder : Data yang berasal dari orang / perusahaan lain
o   Mailing list
o   Statistic penjualan
 Intelgen pemasaran
-        Mengumpulkan data pesaing secara etis
-        Mengumpulkan data pelanggan
 Subsistem produk
-        Siklus hidup produk
o   Menelusuri penjualan suatu produk mulai dari pengralan produk, perkembangan dewasa dan penurunan.
 Subsistem tempat
-        Saluran distribusi
-        Produk / materi, uang dan saluran informasi mengalir melalui saluran distribusi.
-        Dua pendekatan komunikasi
o   Informasi uman balik dan umpan maju
o   Electronic Data Interchange (EDI) : Komunikasi yang dilakukan oleh masing masing computer milik perusahaan, retailer dan konsumer.
 Promosi
-        Agen periklanan
-        Penjualan secara personal
-        Sales promosi
 Harga
-        Penentuan harga berdasarkan biaya
-        Penentuan harga berdasarkan permintan
 Penggunaan SIP OUT manager
-        Perusahaan besar menggunakan computer sebagai alat pemasaran
o   Untuk mempelajari keinginan dan kebutuhan kunsumen.
o   Menformulakan bauran pemasaran
o   Melihat seberapa jauh bauran pemasaran dierima oleh konsumen
 SISDM
-        Kegiatan utama
o   Prekrutan dan penerimaan
o   Pendidikan dan pelatihan
o   Manajemen data
o   Pengertian dan admnistrasi tunjangan
 Planning
-        Kemungkinan manajemen untuk mengidentifikasi kebutuhan pegawai dimasa datang
o   Aplikasi operational
§  Bagan organisasi
§  Peramalan gaji
§  Job
§  Planning
§  Pemodelan angkatan kerja
 Recruiting
-        Penelusuran pelamar
-        Pencarian intern
 Management
-        Penilaian kinerja
-        Pelatihan
-        Pengendalian posisi
-        Relokari
-        Skills
-        Suksesi
-        Kedisiplinan
 Compesation
-        Peningkatan penghargaan
-        Gaji
-        Kompensasi eksekutif
-        Bonus
-        Kehadiran
 Benefits
-        Tunjangan tetap
-        Laporan tunjangan
-        Pemberian saham


pertemuan 6

CROSS FUNCTIONAL MANAGEMENT

 CRM
-        Costumer Relationship Management merupakan srtategi pemasaran yang di terapkan saat ini oleh PT
 Definisi CRM
-        Sebuah istilah TI untuk metodologi strategi, perangkat lunak software dalam aplikasi berbasis web.
-        Usaha untuk berkonsentrasi menjaga pelanggan dengan mengumpulkan segala untuk interaksi pelanggan.
-        Strategi bisnis menyeluruh.

 Peningnya CRM dan pengguna CRM
-        Fakta bahwa untuk mendapat pelanggan baru bisa 10 kali biaya untuk menjaga pelanggan yang sudah ada.
-        Tren bisnis saat ini yaitu loyalitas pelanggan kita.
-        Banyaknya konsumen ingn pelayanan purna jual.
 Prinsipnya
-        Mendapatkan data dari pelanggannya dan memberikan informasi yang sesuai kepada klien berupa informasi tentang customer history.
 Secara umum tujuan penerapannya
-        Mengenali dan mengatur relasi
-        Mengenali dan mengatur pasar
-        Mengenali dan mengatur produk keluaran.
 Bagaimana membuat CRM berhasil?
-        Perencanaan bisnis
-        Mengidentifikasi tujuan dan sasaran dari penerapan CRM
-        Menentukan batasan dari CRM menurut strategi yang ditetapkan.
-        Menentuukan parameter dan standar pengburan keberhasilan penerapan CRM
-        Menentukan standar aturan penanganan strategi berdasarkan informasi.
 dalam penerapan harus memperhatikan hal hal berikut
-        Sasaran yang ingin dicapai bersifat jangka panjang
-        Harus sesuai sasaran
-        Hasil yang dicapai dapat menjadikan sasaran kunci
-        Nilai resiko akibat penerapan CRM.
-        Penerapannya dapat mengurangi biaya perusahaan secara keseluruhan.
 Kendala
-        Pelanggan tetap mengeluh
-        Hubungan dengan pelanggan tetap transaksional.
-        Tidak ada peningkatan efesiensi.
-        Staf sales dan marketing masih saling menyembunyikan data
-        Keuntungan perusahaan masih tetap.
 Manfaat CRM
-        Jumlah konsumen bertambah
-        Mengetahui kebutuhan konsumen
-        Mengetahui ketidaknormalan pada setiap transaksi
-        Dilakukan perbaikan kepada konsumen
-        Mampu menganalisa pola data transaksi
-        Mengurangi resiko oprasional.
 Implementasi CRM.
            Faktor kunci !
-        Kualifikasi memadai
-        Proses yang didesain dengan baik.
-        Teknologi yang memadai.
 Memiliki elemen-elemen.
-        Otomatisasi pemasaran tidak perlu pembayara secara lansung.
-        Pusat pelayanan mengetahui kebiasaan konsumen dan menerima keluhan.
-        Pengundangan data
-        Pencarian data dan analisa proses secara online.

SUPPLY CHAIN MANAGEMENT.

 SCM
-        Sebuah system yang melibatkan penyimpanan distribusi dan penjualan produk.
 Beberapa isu penting.
-        Aliran material atau produk adalah sesuatu yang komplek. Hakekatnya SCM itu sinkronisasi dan koordinasi.
-        Rangkaian / jaringan ini terbentang dari penambang bahan metah.
 Fungsi SCM.
-        Secara fisik menkonversi bahan baku menjadi produk jadi.
-        Sebagai mediasi pasar.
 Manfaat SCM.
-        Tujuan modern adalah mengurangi ketidakpastian dan resiko dalam supply chain.
-        Memberikan pengaruh positif pada tingkat penyimpanan.
 Mencakup tiga bagaian.
-        Upstream Supply Chain
-        Internal
-        Domstream
 Masalah
-        Kompleksitas struktur SCM.
o   Melibatkan banyak pihak dengan kepentingan yang berbeda
o   Perbedaan bahasa, waktu, budaya.
-        Ketidakpastian
o   Permintaan
o   Pasokan (waktu, harga, kualitas)
o   Internal (kerusakan mesin, kinerja, kualitas produk)
 Solusi masalah
-        Melakukan outsourcing
-        Membeli input secara lansung darpada harus memproduksi terlebih dahulu.
-        Menciptakan strategis partner-ship dengan supplier.
-        Menggunakan pendekatan (Just In Time) dalam melakukan pembelian.
-        Menggunakan supplier seminimum mungkin.
-        Memperbaiki ubungan antara supplier dan buyer.
-        Melakukan proses produksi setelah ada order.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar